Beginilah Kondisi Tubuh Manusia Bila Tidak Mengkonsumsi Gula Sama Sekali

Tidak boleh mengonsumsi gula berlebihan (lebih 6 sendok teh sehari) karena bisa merusak pangkreas Anda, yang memproduksi hormon insulin. Namun, apa yang terjadi jika kita beristirahat makan gula?

Seperti hasil riset yang dihimpun dokter.id dan prevention, berikut manfaat luar biasa jika Anda berhenti atau istirahat konsumsi gula.

1. Jantung Anda akan melakukan tarian bahagia
Kadar gula darah yang berlebihan akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh (untuk menstabilkan kembali kadar gula darah), hal ini akan mengaktifkan sistem saraf simpatik, meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung.

Dalam waktu beberapa minggu, kemungkinan akan terlihat penurunan kolesterol LDL sekitar 10 persen  kolesterol LDL dan penurunan 20-30 persen  kadar trigliserida. Selain itu membantu menurunkan tekanan darah.

2. Selamat tinggal jerawat
Tahukah Anda bahwa gula yang berlebihan juga bisa memicu terjadinya jerawat. Satu penelitian di  American Journal of Clinical Nutrition menemukan seorang yang bukan peminum soda apabila mengkonsumsi 0,3 liter minuman soda setiap harinya selama 3 minggu maka risiko mengalami peradangan yang berefek menjadi jerawatan sampai 87 persen.

3. Anda akan menghindari kencing manis
Makan gula berlebihan akan menyebabkan penumpukan lemak di sekitar hati Anda. Penumpukan lemak ini berkontribusi dalam menyebabkan terjadinya resistensi insulin dan merusak kerja yang dilakukan oleh pankreas. Apabila hal ini terjadi maka kadar gula darah dalam tubuh Anda akan berlebihan dan berakibat terjadinya kencing manis.

4. Anda tidak perlu senyum palsu
Seseorang yang mengkonsumsi terlalu banyak gula mengalami kecemasan, mudah marah, dan perubahan suasana hati. Jadi bila Anda mengurangi makan gula maka mood Anda akan berubah menjadi lebih menyenangkan dan bisa memberikan senyuman indah yang tulus.

5. Terhindar dari insomnia
Kadar gula darah terlalu tinggi dapat menyebabkan Anda mudah lesu. Pemberian gula secara berlebihan dapat memicu pelepasan hormon kortisol, yang dapat mengganggu tidur.

6. Lebih mudah dalam mengingat
Gula tambahan dapat menganggu daya ingat Anda. Konsumsi terlalu banyak gula dapat benar-benar merusak komunikasi antar sel-sel otak Anda.

7. Anda dapat menurunkan berat badan
Mengurangi kebiasaan makan gula sebanyak 200 kalori setiap harinya akan membantu menurunkan berat badan sampai 5 kg dalam waktu 5-6 bulan.

Jadi sudah tahukan semua manfaat baik yang didapat bila tubuh Anda beristirahat makan gula.
Hal ini bukan berarti Anda tidak boleh makan gula sama sekali namun memberikan sedikit waktu tubuh Anda dalam menghadapi gula.