Inilah Jawaban Mengapa Letak Kancing Kemeja Pria dan Wanita Berbeda Sisi


Pernahkah Anda menyadari apa perbedaan dari kemeja pria dan juga wanita? Apabila Anda cukup jeli, maka Anda akan menemukan jika ternyata posisi kancing kemeja pria serta wanita berada di sisi yang berbeda. Mungkin fakta ini tidak terlalu Anda perhatikan sebelumnya, jika letak kancing kemeja pria dan juga wanita berbeda. Pada dasarnya kemeja wanita letak kancingnya terdapat di sisi kiri baju, dan kemeja pria kancingnya berada di sisi kanan, apabila itu adalah jahitan konveksi atau butik.
Mengapa seperti itu? Secara jelas tidak ada buku sejarah yang menuliskan tentang asal muasalnya dan riwayatnya, sih. Tetapi terdapat beberapa dugaan dan juga teori tentang perbedaan yang timbuk sejak lama ini. Kancing wanita umumnya ada di sisi kiri baju, lain halnya dengan kancing kemeja pria yang berada di sisi kanan dari baju. Terdapat beberapa macam teori yang menjelaskan kenapa terjadi perbedaan ini.
Teori yang pertama mengatakan jika perbedaan ini terjadi pada masa Renaissance dan juga Victorian di Eropa. Pada masa itu, para wanita bangsawan lebih cenderung untuk dibantu dalam memakai baju oleh para pembantunya. Penempatan posisi ini memiliki tujuan supaya mereka bisa lebih mudah dalam membantu majikan mereka untuk mengancingkan bajunya. Dan untuk pria cenderung menggunakan baju sendiri, karena itu posisi kancing mereka ada di posisi sebaliknya.
Teori kedua yang timbul yaitu teori yang ada saat zaman pria selalu membawa senjata. Semua ini tentu saja dengan pendapat bahwa pria memakai tangan kanan untuk memegang senjata. Posisi kancing pria yang ada di sebelah kanan bisa memudahkan tangan kanan saat hendak mengambil senjata yang ada di dalam baju.
Teori ketiga mengatakan jika menyusui bayi merupakan alasannya. Wanita cenderung untuk menggendong bayinya di sebelah kiri. Dengan letak kancing seperti yang dipakai oleh wanita, maka bisa memudahkan mereka untuk menyusui dan tetap bisa membuat tangan mereka tetap aktif dalam bergerak.
Masih banyak lagi teori yang lainnya yang berkembang dan dipercayai oleh sebagian masayarakat mengenai perbedaan hal ini, hanya saja tiga teori inilah yang sangat masuk akal untuk kita percayai. Setidaknya kini Anda bisa mengerti kenapa kancing pria dan juga wanita berada di sisi yang berbeda.